Minggu, 05 Maret 2017

Resep Nasi Pecel


Nasi pecel adalah salah satu menu sarapan favorit keluarga Jawa. Terutama wilayah Madiun, Magetan, Malang , Blitar, Banyumas, dan Kediri. Bahkan kita dapat menjumpai warung-warung nasi pecel di pinggir jalan di kota-kota tersebut dengan ciri khas dan kekhasan masing-masing. .....

Mengapa nasi pecel cocok menjadi menu sarapan kita? Ini pertanyaan yang mudah. Nasi pecel adalah menu sarapan yang sangat super praktis dan tidak memakan waktu. Didalamnya berisi nasi hangat, sayur rebus, sambal pecel dan lauk. Untuk memmasak beragam isiannya tidalah membutuhkan waktu lama. Kita tinggal menanak nasinya dengan ricecooker. Sambil menunggu nasi matang, kita bisa menggoreng lauk dan merebus sayurnya. Sedang sambal pecelnya kita bisa buat jauh-jauh hari. Simpel bukan?
Selain itu, nasi pecel juga merupakan menu sarapan yang kaya nutrisi. Karena satu porsi nasi pecel kita sudah mendapatkan karbohidrat dari nasi, serat, zat besi dan vitamin dari sayur, ditambah lagi protein dari tempe dan tahu sebagai lauknya. Berikut ini resep untuk sambal pecel yang bisa dicoba...

Bahan-Bahan
10 porsi
1.     500 gram Kacang Tanah
2.     50 gram Cabe merah
3.     5 / 6 lembar Daun jeruk purut
4.     50 gram Kencur
5.     100 gram Bawang putih
6.     250 gram Gula jawa
7.     2 sdm Asem/Cuka
8.     3 sdt. Garam

Cara Membuat Sambal Pecel
1.   Cuci bersih semua bahan asam, gula dan garam lalu tiriskan.
2.   Goreng kacang tanah hingga coklat keemasan. Biarkan tidak terlalu matang. Karena setelah ditiriskan kacang tanah masih mengalami proses masak.
3.   Selanjutnya goreng hingga matang cabe merah dan bawang putih
4.   Sisir gula merah agar mudah dihaluskan
5.   Tumbuk kacang tanah yang sudah dipersiapkan dan sisihkan. Kita bisa menggunakan beragam alat sesuai selera dan alat yang kita miliki. Bisa menggunakan ulekan atau cobek. Bisa menggunakan blender atau alat giling.
6.   Setelah itu haluskan juga semua bumbu sedikit demi sedikit termasuk asem dan daun jeruk purut
7. Ambil wadah yang agak lebar dan sarung tangan plastik untuk mencampur semua bahan.
8.   Masukkan semua bahan. Kemudian aduk-aduk dan sedikit diuleni.
9. Tunggu sampai sambal pecel yang kita buat sudah kalis dan agak berminyak
10.Terakhir bagi-bagi sesuai kebutuhan dan bungkus dalam plastik. Alangkah lebih baik jika kita bisa menyimpannya dalam kulkas. Karena didalam kulkas, sambal pecel dapat bertahan 1 atau 2 bulan lamanya.
11.Jika ingin menyajikan. Kita tinggal meletakkannya di sebuah wadah. Aduk dan siram sedikit demi sedikit air hangat sampai dengan tingkat kekentalan yang kita inginkan.
12.Sajikan sambal pecel diatas nasi hangat dan sayur rebus. Sebagai pelengkap kita bisa tambahkan tahu dan tempe goreng serta rempeyek.
13. Nasi pecel siap dinikmati untuk sarapan pagi kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follower

Contact us

Nama

Email *

Pesan *