Minggu, 05 Maret 2017

Nasi Goreng Teri Medan


Siapa yang tak mengenal menu sarapan yang satu ini. Hampir samua orang Indonesia baik di dalam maupun di Indonesia pasti tahu menu sarapan satu ini. Bisa dikatakan, nasi goreng adalah menu sarapan yang paling di favoritkan hampir semua penduduk Indonesia. Pembuatannya yang sangat mudah dan praktis itulah salah satu alasannya. Bayangkan dalam pembuatannya kita bisa mencampur nasi, bumbu, sayuran dan lauk dalam satu masakan saja. Tidak perlu lagi membuat sayur dan lauk lagi dalam menu ini. Begitu ringkas dan yang pasti begitu lezat...!!!!

Resep nasi goreng kali ini selain berasal dari medan. Bahan dasarnya pun berasal dari kekayaan laut di sana, yaitu teri medan. Ada beragam manfaat yang bisa didapat dari mengkonsumsi ikan teri ini. Kandungan lemaknya yang cukup tinggi baik untuk menambah energi di pagi anda. Belum lagi kalsium, protein, fosfor dan vitaminnya yang tinggi memberikan manfaat besar bagi tubuh terutama anak-anak. Jadi tidak ada salahnya jika ikan teri ini sering kita tambahkan dalam menu masakan terutama menu masakan anak.

Kembali resep nasi goreng kita. Selain ikan teri medan, menu sarapan ini juga mempunyai banyak bahan pelengkap seperti telur dan acar sedikit sayuran. Baragam bahan pelengkap nasi goreng ikan teri medan ini juga memiliki kadar nutrisi yang juga baik sebagai menambah energi untuk aktivitas kita seharian bukan? Maka dari itu cepat catat resep nasi goreng teri medan yang super lezat ini!

Bahan-Bahan
5-6 porsi
1.   6 porsi nasi dingin
2.   3 sdm teri nasi,rendam di air panas mendidih diamkan sebentar
3.   2 batang daun bawang,cuci bersih&iris
4.   3 batang seledri,cuci bersih&iris
5.   1/2 bulatan kol,cuci bersih&iris
6.   Secukupnya kecap manis
7.   Secukupnya garam,kaldu ayam bubuk&penyedap *bila suka
8.   Secukupnya minyak goreng
9.   Bumbu halus:
·        2,5 sdm cabe giling halus
·        7 siung bawang putih
·        7 butir bawang merah
·        3 butir kemiri
10. Pelengkap:
·        Telur ceplok
·        Bawang goreng
·        Acar
·        Irisan tomat

Cara Membuat Nasi Goreng Teri Medan
1. Panaskan minyak goreng tumis bumbu halus kecuali cabe sampai wangi
2.  Kemudian masukan cabe aduk rata masak sampai bau langu cabe hilang
3.   Tambahkan irisan kol,teri yang sudah di tiriskan,daun bawang&seledri aduk rata
4.   Masukan nasi beri kecap manis,garam,kaldu bubuk&penyedap
5.   Kecilkan api kompor
6.   Aduk sampai semua tercampur rata tes rasa masak sampai nasi agak mengering sambil terus di aduk dari dasar wajan biar tidak gosong
7. Kalau sudah matang matikan api dan sajikan nasi goreng dengan pelengkap

2 komentar:

  1. Eh kayaknya gampang. Btw kenapa teri medannya harus direndam di air panas mendidih? Ancur gak nanti dia?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf beribu maaf jika saya low respond. Karena beberapa hal saya telat balas koment mbak Ade... untuk mengolah ikan teri termasuk teri Medan emang sebaiknya mbak rendam dulu dengan air panas. Hal ini bertujuan untuk mengurangi rasa asin pada ikan karena proses pengawetan. Insyallah tidak akan ancur karena tekturnya yang kering. Selamat mencoba...!!!

      Hapus

Follower

Contact us

Nama

Email *

Pesan *